Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Kering, Coba Yuk!


Agar tak salah pilih, pastikan kamu mengikuti panduan tips memilih pelembap untuk kulit kering berikut.


Jenis kulit berminyak sering dianggap lebih sulit perawatannya, karena harus lebih berhati-hati dalam menggunakan produk skincare. Padahal nih, hal yang sama juga dialami oleh orang yang memiliki kulit kering.


Sayangnya, masih banyak yang tak sadar kalau perawatan untuk kulit kering tak sekadar menggunakan pelembap. Kamu juga mesti perhatikan beberapa hal berikut, seperti kandungan dan jenis yang cocok untuk kulit kering.


Agar tak salah pilih, simak tips memilih pelembap untuk kulit kering berikut.


1. Kenali Jenis Kulit Terlebih Dahulu


Sebelum memilih produk, kamu sudah harus yakin dulu mengenai jenis kulitmu. Yakin tergolong kering?


Ciri khas utama kulit kering adalah teksturnya yang kasar. Saking keringnya, kadang kulit menjadi gatal, bersisik, dan bahkan mengelupas. Kadang, setelah mencuci wajah, kulit pun terasa tertarik dan tak nyaman. Kerutan halus pun lebih cepat muncul.


Jika ini terjadi padamu, oke, kamu termasuk yang memiliki kulit wajah kering. Kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mengetahui dengan lebih jelas mengenai jenis kulitmu.


2. Pilih Skincare yang Diformulasikan untuk Kulit Kering


Tidak semua pelembap memiliki kemampuan melembapkan kulit yang sama. Karena itu, jika kamu memang memiliki kulit kering, sebisa mungkin, pilih pelembap dengan label “dry skin”.


Kamu bisa saja menggunakan produk untuk kulit normal atau untuk semua jenis kulit. Namun, kalau memang ada yang dirancang khusus untuk kulitmu, mengapa tidak dicoba saja?


3. Gunakan Produk dengan Kandungan Melembapkan yang Baik


Salah satu cara mengatasi wajah kering dan bersisik adalah dengan menggunakan pelembap yang bisa mengatur kadar air di wajah. Umumnya, banyak pelembap menggunakan gliserin sebagai kandungan utamanya.


Untuk yang berkulit kering, kamu bisa memilih pelembap yang memiliki tambahan hyaluronic acid di dalamnya. Hyaluronic acid bekerja dengan menyerap kelembapan dan menahan kadar air di kulit. Tak hanya itu, kandungan ini juga bekerja baik untuk mengatasi kerut halus.


4. Pilih Jenis Pelembapnya


Ada tipe pelembap yang berbahan dasar air dan juga minyak. Selain kandungannya, kedua pilihan ini juga berbeda dalam hal konsistensi cairan atau kekentalan produknya.


Untuk penggunaan siang hari, kamu bisa memilih yang berbahan dasar air agar cepat terserap kulit dan tak menyumbat pori. Untuk perawatan malam dalam rutinitas skincare, kamu bisa menggunakan pelembap yang berbahan dasar minyak untuk nutrisi ekstra.


5. Kering Saja atau Kering Sensitif?


Nah, yang ini juga tricky. Ada juga jenis kulit yang kering dan sensitif. Dalam hal ini, kamu juga harus ekstra hati-hati dan mengikuti tips memilih pelembap untuk kulit kering yang benar.


Kulit yang sensitive umumnya akan bereaksi pada produk skincare dengan kandungan tertentu, seperti alkohol dan pewangi buatan. Kadang, kandungan vitamin C dan mineral oil pun juga bisa mengganggu tingkat sensitivitas kulit. Jadi, kamu harus jeli dalam membaca label produk di kemasannya.


Kalau mau aman, pilih produk skincare dengan label “hypoallergenic” dan hindari memilih produk yang punya sifat eksfoliasi.


Jika sudah memahami tips memilih pelembap untuk kulit kering di atas, kamu bisa mencoba produk skincare yang berukuran kecil terlebih dahulu sebagai permulaan. Pastikan juga pelembapnya mengandung sunscreen agar kamu juga terlindungi dari paparan sinar buruk UV.

  • instagram (2)
  • facebook (1)
SURFACE SENDS LOVE TO YOUR INBOX

REFER YOUR FRIEND TO OUR

SURFACE CLUB MEMBERSHIP AND YOU

BOTH GET 100K OFF FOR HYDRADERM FACIAL!

SURFACE CLUB MEMBERSHIP

Surface Skin Habit LLC. All rights reserved 2020.